Pembelajaran memanfaatkan lingkungan sekolah

Pembudidayaan dan penanaman tanamam obat keluarga

Kegiatan Bank Sampah

Dalam upaya menambah wawasan untuk menuju sekolah adiwiyata nasional secara rinci dibentuk gugus-gugus tugas yang bertanggungjawab digugusnya masing-masing.

           Langkah menuju Sekolah Adiwiyata Nasional antara lain:

  1. Gerakan kebersihan dalam kelas 5 menit sebelum jam pertama dan 5 menit sebelum jam terakhir.
  2. Pemenuhan mading dengan buletin, tulisan berkaitan dengan pemanfaatan limbah dan wawasan lingkungan hidup.
  3. Pengumpulan tugas dan karya peserta didik berkaitan pemanfaatan benda bekas, peserta didi cinta limbah, presentasi karya tulis lingkungan, pengambilan limbah kertas, pengambilan limbah plastik, pengambilan limbah alat tulis dan pengujian asam basa.
  4. Gerakan peserta didik cinta limbah dan pemanfaatan limbah domestik. Dengan gerakan dapat “point” pemungutan sampah untuk diserahkan kepada gugus sampah dalam buku rekening bank sampah di tiap kelas.
  5. Tiap Jumat minggu keempat. Gerakan kebersihan kelas dan lingkungan sekolah, termasuk penanaman pohon, bunga, penataan pot bunga, tempat sampah dan lain sebagainya.
  6. Pembuatan dan pemasangan logo-logo, semboyan, slogan, mutu tentang kebersihan sekolah konservasi berwawasan lingkungan hidup berkelanjutan ditempat-tempat strategis.
  7. Pengumpulan dan pengolahan sampah kertas, plastik, botol plastic dan kardus yang sudah terkumpul dalam tempat yang disediakan kemudia diserahkan kepada gugus tugas pengelolaan sampah.
  8. Pembuatan embung sampah (TPS) untuk sampah organic dan an organic untuk dikelola secara berkelanjutan.
  9. Penataan dan pemenuhan bak sampah yang terbagi dalam organic dan anorganik ditempat startegis dan jurusan.
  10. Pembagian taman kelas, kebun sekolah, kolam sekolah atau percobaan tiap kelas dan kompetensi keahlian sebagai project keterlibatan peserta didik perkelas per kompetensi keahlian.

Semoga dengan kerja keras dan dukungan semua pihak bisa tercapai untuk Menuju Sekolah Adiwiyata Nasional sebagai penjelmaan visi sekolah yang berwawasan lingkungan hidup.