Rohmah, Binti. (2022). PENGUATAN KEMAMPUAN BACAAN TAJWID ALIF LAM SYAMSIYAH DAN ALIF LAM QAMARIYAH MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM SUDIRMAN KALORAN KAB. TEMANGGUNG. Universitas Islam Negeri Salatiga.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dalam  proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI dan BP materi Membaca Alqur’an Surah An Nisa : 59 dan an Nahl 64. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Islam Sudirman Kaloran,Kab.Temanggung dengan subyek penelitian sebanyak 32 siswa. Penelitian dilakukan dengan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan BP dengan menggunakan model PBL secara klasikal yang tuntas, yaitu pra siklus  sebanyak 38,09 %, siklus I sebanyak 78,12 %, siklus II sebanyak 78,12 % Dengan demikian pembelajaran PAI dan BP dapat dikatakan berhasil dan ditingkatkan menggunakan model PBL.